Tentang Feldspathoids

Para feldspathoids bukan kelompok mineral khas seperti kelompok mineral lainnya yang terkait dengan struktur dan kimia. hubungan mereka satu sama lain terutama karena hubungan mereka dengan kelompok mineral feldspar. Feldspathoids adalah silika rendah mineral beku yang akan membentuk feldspars jika hanya lebih silika (SiO2) yang hadir dalam magma asli. Aluminium silikon untuk rasio 1:1 hampir di sebagian besar feldspathoids tetapi lebih dekat dengan 1:3 di sebagian besar feldspars. Seperti yang akan diprediksi, feldspathoids tidak ditemukan dalam batuan beku yang mengandung kuarsa primer.

Serupa dengan zeolit, yang feldspathoids memiliki bukaan besar dalam struktur kristal. Bukaan ini sebagian besar terpisah satu sama lain dan tidak meminjamkan diri dengan gerakan ion dan molekul yang diperbolehkan dalam struktur zeolit itu. Bukaan mengijinkan struktur mengandung ion besar seperti klorin, karbonat dan sulfat. Kepadatan rendah mineral umum ke kelompok ini adalah bukti Keterbukaan struktur mereka.

Kelompok sodalite adalah kelompok di dalam kelompok. Ini terdiri dari mineral dengan struktur serupa isometrik dan kimia yang terkait. Ini adalah nama untuk anggota yang paling umum, sodalite.

Berikut adalah beberapa mineral feldspathoid lebih umum:

* Cancrinite (Sodium Kalsium Karbonat Aluminium Silikat)
* Leusit (Aluminium kalium Silikat)
* Nepheline (kalium Sodium Aluminum Silikat)
* Sodalite Group:
o Hauyne (Sodium Kalsium Sulfat Aluminium Silikat)
o Lazurite (Sodium Kalsium Aluminium Silikat (Klorida Sulfat Sulfida))
o Nosean (Sodium Sulfat Aluminium Silikat)
o Sodalite (Aluminium Chloride Sodium Silikat)

Kimia: Na6Ca2Al6Si6O24 (CO3) 2, Kalsium Karbonat Natrium Aluminium Silikat.
* Kelas: silikat
* Subkelas: Tectosilicates
* Group: Feldspathoid.
* Penggunaan: Hanya sebagai spesimen mineral.
* Spesimen

Cancrinite adalah salah satu anggota kelompok jarang feldspathoid mineral. Mineral kimia yang dekat dengan yang dari feldspars alkali tetapi miskin dalam silika (SiO2) konten, disebut feldspathoids. Sebagai hasil atau lebih tepat sebagai fungsi dari kenyataan, mereka ditemukan di batuan silika miskin yang mengandung mineral silika lainnya miskin dan tidak kuarsa. Jika kuarsa hadir ketika lelehan itu mengkristal, itu akan bereaksi dengan feldspathoids dan membentuk sebuah feldspar. Wilayah yang memiliki feldspathoids sedikit.

Cancrinite tidak biasa di bahwa ini adalah salah satu dari beberapa mineral silikat memiliki ion karbonat (CO3 -2) hadir dalam strukturnya. Hal ini karena ion karbonat yang akan gelembung dalam asam klorida hangat. Asam bereaksi dengan ion karbonat untuk membebaskan karbon dioksida (CO2) gas yang membentuk gelembung. gelembung ini hampir tidak ada diagnostik sebagai silikat lainnya akan melakukan hal ini, meskipun umum di karbonat.

Meskipun feldspathoids dikenal baik ekstrusif dan batuan beku intrusif, cancrinite ditemukan hampir secara eksklusif di batuan intrusi atau plutonik. Hal ini mungkin disebabkan oleh tekanan luar biasa yang diperlukan untuk memaksa ion karbonat besar menjadi struktur cancrinite. Cancrinite juga akan mengandung beberapa persentase ion sulfat (SO4 -2) dan ion klor (Cl -1); dua ion besar lainnya. Feldspathoids mirip dengan zeolit dalam struktur mereka terbuka lebar memungkinkan ion besar untuk dimasukkan ke dalamnya.

KARAKTERISTIK FISIK:

* Warna kuning, oranye, pink, putih atau biru.
* Luster adalah vitreous atau seperti mutiara.
* Transparansi: Kristal adalah transparan ke lebih jarang transparan.
* Crystal Sistem: Hexagonal; 6
* Crystal Kebiasaan: Biasanya besar atau granular. Beberapa prismatik untuk kristal kolumnar ditemukan.
* Pembelahan sempurna, dalam tiga arah, prisma, tapi jarang terlihat dalam contoh besar.
* Retak adalah conchoidal untuk tidak merata.
* Kekerasan adalah 5-6
* Berat Jenis adalah 2,4-2,5 (rata-rata)
* Streak putih.
* Lain Karakteristik: Apakah sifat berbusa dalam asam klorida hangat.
* Associated Mineral termasuk feldspars seperti albite, biotit, hornblende, nepheline, sodalite dan feldspathoids lainnya.
* Terkenal Kemunculan termasuk Semenanjung Kola, Rusia; Besi Hill, Colorado USA, India, Finlandia dan daerah Fen Norwegia.
* Best Bidang Indikator reaksi asam, asosiasi, lokalitas dan kekerasan

* Kimia: KAlSi2O6, Aluminium Silikat Kalium
* Kelas: silikat
* Subkelas: Tektosilicates
* Group: Feldspathoids
* Penggunaan: spesimen mineral dan sebagai sumber kalium minor dan aluminium.
* Spesimen

Leusit adalah mineral populer dan menarik. Namanya berasal dari kata Yunani untuk “putih” dalam kiasan untuk warna yang khas. Pada temperatur tinggi, leusit adalah isometrik dan akan membentuk bentuk kristal isometrik trapezohedron. Menariknya, sebagai leusit mendinginkan, struktur isometrik menjadi tidak stabil dan berubah menjadi struktur tetragonal tanpa mengubah bentuk luar. Meskipun sebenarnya mineral tetragonal, bentuk luar adalah pseudo-isometrik dan dengan demikian bentuk kristal sebenarnya pseudo-trapezohedral.

Leusit adalah salah satu beberapa mineral yang membentuk trapezohedron unik. trapezohedron memiliki 24 wajah berbentuk deltoideus, di mana masing-masing wajah menempati sepertiga dari posisi wajah segi delapan tunggal. Mineral dari kelompok garnet dan mineral analcime adalah satu-satunya mineral umum yang juga akan membentuk trapezohedron tersebut.

leusit Membedakan dari garnet dan analcime relatif mudah dalam beberapa kasus. The garnet jauh lebih sulit dan biasanya sangat berwarna. Leusit memiliki kerapatan yang jauh lebih rendah dan biasanya memiliki keharuman kusam dari analcime. Juga leusit biasanya tertanam dalam batuan induk dimana analcime, ketika menampilkan kristal yang baik dan tidak besar atau kasar, adalah longgar atau attacted untuk mineral lain di rongga vulkanik.

Leusit, KAlSi2O6 sebenarnya jauh dengan analcime, NaAlSi2O6-H2O. Leusit adalah anggota kelompok feldspathoid mineral. Analcime, meskipun biasanya dianggap zeolit, adalah kadang ditempatkan dalam kelompok feldspathoid sejak kimia dan kadang-kadang kejadian serupa.

Mineral kimia yang dekat dengan yang dari feldspars alkali tetapi miskin dalam silika (SiO2) konten, disebut feldspathoids. Leusit, seperti feldspathoids lain, ditemukan dalam batuan silika miskin yang mengandung mineral silika lainnya miskin dan tidak kuarsa. Jika kuarsa hadir ketika lelehan itu mengkristal, itu akan bereaksi dengan feldspathoids dan membentuk .. feldspar

Pada suatu waktu leusit digunakan sebagai sumber kalium dan aluminium. Mungkin karena aluminium tinggi untuk rasio silikon, strukturnya mudah hancur oleh asam dan ini membebaskan ion aluminium.

Leusit, sudah menjadi pseudomorph dari fase temperatur tinggi, umumnya adalah diubah untuk pseudoleucite. Pseudoleucite bukanlah mineral tapi campuran nepheline, orthoclase dan analcime.

KARAKTERISTIK FISIK:

* Warna jelas, putih atau abu-abu, dengan tints kekuningan dan kemerahan mungkin.
* Luster adalah vitreous atau berminyak untuk membosankan.
* Transparansi: kristal yang transparan, tembus untuk umum buram.
* Crystal Sistem isometrik; 4 / m bar 3 2 / m pada suhu di atas 605 derajat C, dan tetragonal; baik 4 2 2 atau 4 / m, di bawah 605 derajat C.
* Crystal Kebiasaan termasuk trapezohedron karakteristik (sebenarnya pseudo-trapezohedron). Juga rinci dan masif.
* Pembelahan tidak ada.
* Retak adalah conchoidal
* Kekerasan sebesar 5,5 – 6.
* Berat Jenis adalah sekitar 2,4-2,5 (sedikit di bawah rata-rata)
* Streak putih.
* Associated Mineral termasuk olivin, labradorit, augit, biotit, nepheline dan lainnya feldspathoids.
* Karakteristik lain: permukaan biasanya diadu, kusam atau memiliki tampilan butut.
* Kemunculan terkenal termasuk Mt. Vesuvius, Italia; Cove Magnet, Arkansas, Hills leusit, Wyoming dan Litchfield, Maine, Amerika Serikat, Brazil dan Co Hastings, Ontario.
* Terbaik Bidang Indikator kebiasaan kristal, densitas, kekerasan rendah, kilau dan asosiasi.

ATAS nepheline MINERAL

Kimia *: (Na, K) AlSiO4, Sodium Aluminium Silikat Kalium.
* Kelas: silikat
* Subkelas: Tectosilicates
* Group: Feldspathoid.
* Penggunaan: spesimen mineral As dan sebagai bahan baku untuk jenis khusus dari kaca dan keramik.
* Spesimen

Nepheline adalah sebuah batu besar membentuk mineral yang tidak sering dijual di toko-toko batu karena kurangnya kristal baik atau spesimen yang menarik. Ini adalah komponen utama dari beberapa batuan beku disebut nepheline syenite, monzonite nepheline dan nephelinite. Perbedaan mendasar antara ini adalah jumlah dan jenis feldspars hadir. Dalam feldspars kalium nepheline syenite atau-K SPAR adalah feldspar dominan. Dalam batuan nepheline monzonite baik k-SPAR dan feldspars plagioklas hadir dalam proporsi yang sama dekat. Dan akhirnya di nephelinites ada sedikit salah satu feldspars sekarang dan batu itu adalah sebagian besar nepheline.

Rumus nepheline dalam beberapa sumber akan daftar sebagai NaAlSiO4. Ada nephelines alam yang sangat sedikit yang memiliki ini “murni” kimia meskipun menghasilkan struktur yang stabil dan dibuat untuk digunakan dalam produksi keramik dan kaca. Kalium selalu hadir dalam beberapa jumlah dan sering analisis kimia nepheline akan pendekatan Na3K (AlSiO4) 4. Hasil ini mencerminkan fakta bahwa situs alkali untuk sodiums dan potassiums memiliki perbedaan yang menarik dalam jumlah ruang dalam struktur nepheline. Ada benar-benar keluar satu situs dari empat yang lebih besar dari tiga situs lain. Situs yang lebih besar adalah lebih nyaman cocok untuk ion kalium lebih besar.

Nepheline adalah anggota kelompok feldspathoid mineral. Mineral kimia yang dekat dengan yang dari feldspars alkali tetapi miskin dalam silika (SiO2) konten, disebut feldspathoids. Sebagai hasil atau lebih tepat sebagai fungsi dari kenyataan, mereka ditemukan di batuan silika miskin yang mengandung mineral silika lainnya miskin dan tidak kuarsa. Jika kuarsa hadir ketika lelehan itu mengkristal, itu akan bereaksi dengan feldspathoids dan membentuk sebuah feldspar. Wilayah yang memiliki feldspathoids sedikit.

Nepheline adalah reaktif terhadap asam meskipun tidak gelembung seperti banyak dari karbonat. Jika bubuk itu akan larut dalam asam klorida dan jika spesimen yang jelas dicelupkan ke dalam asam mereka akan menjadi berawan atau buram. Hal ini dapat membantu dalam membedakan nepheline dari beberapa feldspars mencari serupa, scapolite dan cryolite.

Kilau berminyak juga nepheline diagnostik. nepheline besar-besaran dengan keharuman berminyak diberi nama varietas “eleolite” yang berasal dari kata Yunani untuk minyak. Nepheline berasal dari kata Yunani untuk awan dalam acuan kepada berawan atau kristal tembus dan massa.

KARAKTERISTIK FISIK:

* Warna biasanya dari putih ke abu-abu atau coklat dan kadang-kadang tints lainnya.
* Luster berminyak untuk sebagian besar membosankan spesimen butut.
* Transparansi: Kristal adalah transparan ke lebih jarang transparan.
* Crystal Sistem: Hexagonal; 6
* Crystal Kebiasaan: Biasanya besar atau granular. Beberapa prismatik untuk kolumnar ditemukan kristal dengan penampang heksagonal sederhana.
* Pembelahan yang miskin, di tiga arah, prisma, tapi jarang terlihat.
* Retak adalah conchoidal untuk tidak merata.
* Kekerasan adalah 5,5-6
* Berat Jenis adalah 2.6 + (rata-rata)
* Streak putih.
Karakteristik lainnya *: Aplikasi asam ke permukaan nepheline akan menyebabkan frosting berawan dan nepheline bubuk akan larut dalam asam klorida.
* Associated Mineral termasuk kalsit, feldspars seperti albite, apatit, biotit, hornblende, cancrinite, sodalite dan feldspathoids lainnya.
* Terkenal Kemunculan termasuk Semenanjung Kola, Rusia; Mt. Vesuvius, Italia; Bancroft daerah, Ontario, Kanada dan Kennebec Co, Maine, Amerika Serikat.
* Best Bidang Indikator keharuman, asosiasi, reaksi terhadap asam, lokalitas dan kekerasan
Lazurite adalah mineral yang populer tetapi umumnya mahal. Well-formed, dalam kristal biru yang jarang dan berharga. Hal ini lebih sering ditemukan besar dan dikombinasikan dengan mineral lainnya menjadi sebuah batu yang disebut Lapis Lazuli, yang merupakan birthstone alternatif untuk bulan September.

lapis lazuli (sering hanya disebut lapis) adalah sebagian besar lazurite tetapi umumnya mengandung pirit dan kalsit dan beberapa mineral lainnya. Nama ini berarti “batu biru” dan selalu biru cemerlang dengan tints violet atau kehijauan. Warna biru kaya adalah karena belerang yang melekat dalam struktur lazurite. kristal kecil pirit selalu hadir di lapis dan warna kuning nakal mereka berdua menarik dan diagnostik dalam membedakan lapis dari sepupunya yang juga biru – rock sodalite, yang kurang pirit. kalsit menghasilkan garis-garis putih di lapis dan kalsit terlalu banyak akan menurunkan nilai dari batu.

lapis lazuli telah ditambang selama berabad-abad dari sebuah wilayah masih digunakan sampai sekarang di lembah pegunungan terpencil disebut Kokcha, Afghanistan. Pertama ditambang 6.000 tahun yang lalu, batu itu diangkut ke Mesir dan Irak saat ini dan kemudian ke Eropa di mana ia digunakan dalam perhiasan dan batu hias. Eropa bahkan tanah ke batu itu menjadi pigmen bubuk mahal untuk cat yang disebut “biru”. biru Hari ini diproduksi artifisial. Meskipun tidak lagi satu-satunya sumber lapis, Afghanistan masih memproduksi bahan kualitas terbaik.

Lazurite adalah anggota kelompok feldspathoid mineral. Mineral yang kimiawi yang dekat dengan yang feldspars alkali tetapi miskin dalam silika (SiO2) konten disebut feldspathoids. Akibatnya – atau lebih tepat sebagai fungsi – fakta bahwa, mereka ditemukan di batuan silika miskin yang mengandung mineral silika lainnya miskin dan tidak kuarsa. Jika kuarsa hadir ketika lelehan itu mengkristal, itu akan bereaksi dengan feldspathoids dan membentuk sebuah feldspar. Wilayah yang memiliki feldspathoids sedikit.

The lazurite nama sering bingung dengan lazulite mineral fosfat berwarna biru terang. Namun kedua mineral tidak dapat bingung dengan masing-masing identifikasi lain bijaksana karena keharuman khas vitrous lazulite kristal dan kebiasaan yang baik. The azurite mineral karbonat memiliki warna yang sangat mirip dengan lazurite tetapi dikaitkan dengan mineral hijau perunggu karbonat dan bereaksi terhadap asam.

KARAKTERISTIK FISIK:

* Warna biru cerah dengan tints ungu atau kehijauan.
* Luster adalah membosankan untuk berminyak.
* Transparansi: Kristal adalah transparan menjadi buram.
* Crystal Sistem: isometrik; bar 4 3 / m
* Crystal Kebiasaan: kristal Dodecahedral telah ditemukan, biasanya besar sebagai batu (lapis lazuli) membentuk mineral.
* Pembelahan miskin, dalam enam arah, tapi jarang terlihat.
* Retak tidak merata
* Kekerasan adalah 5-5,5
* Berat Jenis adalah 2,3-2,4 (agak di bawah rata-rata)
* Streak adalah biru cerah.
Karakteristik lainnya *: Indeks bias adalah 1,5.
* Associated Mineral kalsit, beberapa pyroxenes dan pirit paling diagnostik.
* Kemunculan terkenal termasuk Kokcha lembah Sungai, Afghanistan; Ovalle, Cordillera, Chile; dekat Danau Baikal, Rusia; Mt. Vesuvius, Italia; Canyon Cascade, Pegunungan San Bernardino dan Puncak Ontario, California dan di Pegunungan Sawatch, Colorado, USA.
* Best Lapangan Indikator adalah warna ungu-biru, asosiasi pirit (tidak seperti sodalite), lokalitas dan berat jenis.

0 komentar :

Poskan Komentar

Contact Us

Hubungi kami
Phone: +6281222256779
Email: Mustikaindahmulia@gmail.com

 
Support : Mustikamulia.com |
Copyright © 2013. Batu | Mustika | Bertuah - All Rights Reserved
Template Created by mustikamulia.com Published by Admin
Proudly powered by Blogger